ARI Image Slider

PDFPrintE-mail

TENTANG BPFK SURABAYA

Sejarah Berdirinya BPFK Surabaya

Bermula dari dibentuknya pelayanan dosis radiasi perorangan di RS Dr Soetomo Surabaya. Kemudian pada tahun 1985 dimulai dengan pembentukan Balai Pemeliharaan Peralatan, Proteksi Radiasi dan Kalibrasi (BP3K) yang kantornya di .....  Dengan berdirinya BP3K laboratorium radiasi yang berada di RS Dr Soetomo  dipindahkan ke Jl Indrapura Sidoluhur No.17 Surabaya. Pada tahun 1992 melalui Peraturan Menteri Kesehatan No. 282 Tahun 1992 BP3K berubah menjadi Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) tipe B. Mulai tahun 2000 dengan Peraturan Menkes No. 1164 Tahun 2000 BPFK Surabaya naik dari Tipe B menjadi BPFK Tipe A yang setara esolen IIIa dengan penambahan seksi Kemitraan dan Bimbingan Teknik.

Surat Menteri Kesehatan bulan Agustus tahun 2001 menetapkan bahwa Ex Kantor Kanwil yang berkedudukan di Jalan Karang Menjangan No.22 Surabaya diperuntukkan untuk BPFK Surabaya. Dengan dana yang terbatas dari dinas, tahun 2002 berhasil merenovasi satu Lab Proteksi Radiasi diikuti renovasi pembangunan dan renovasi secara bertahap. Hingga pada Tahun 2005, BPFK Surabaya yang semula berkedudukan di Jalan Sidoluhur No.17 hijrah ke jalan Karangmenjangan No.22 Surabaya.

Pada tahun 2007, sesuai Permenkes No. 530/Menkes/Per/IV/2007 maka BPFK Surabaya menjadi salah satu Unit Pelaksan Pusat Sarana, Prasarana dan Peralatan Kesehatan ( PSPPK ).

Pentingnya Kalibrasi Alat Kesehatan

Peraturan Menteri Kesehatan No. 363/Menkes/Per/IV/1998 tentang pengujian dan kalibrasi pada sarana pelayanan kesehatan Pasal 2 ayat 1, menyatakan bahwa setiap alat kesehatan wajib dilakukan pengujian dan atau kalibrasi untuk menjamin kebenaran nilai keluaran atau kinerja dan keselamatan pemakaian.
Kecenderungan jumlah sarana pelayanan kesehatan meningkat, pelayanan pengujian dan kalibrasi meningkat pula.

WHO sebagai organisai Kesehatan duniam merekomendasikan bahwa pencapaian kesesuaian mutu pada alat harus dilakukan pada seluruh tahapan, termasuk pada tahapan/siklus penggunaan.

Tantangan pada era globalisasi dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan mengakibatkan jumlah rumah sakit, puskesmas dan sarana pelayanan kesehatan lainnya  memerlukan pengujian dan kalibrasi untuk memenuhi kesesuaian mutu.

BPFK Surabaya sebagai Unit Pelaksana Pusat Sarana, Prasarana dan Peralatan Kesehatan (PSPPK), hingga saat ini terus berusaha menambah kemampuan dan SDMnya untuk terus bisa melakukan tugasnya sebagai pelindung masyarakat dari bahaya ketidaksesuaian fasilitas dan peralatan kesehatan serta bahaya radiasi.

VISI

Menjadi pusat rujukan nasional Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi Fasilitas Kesehatan berstandar internasional

MISI

Menjamin Mutu Sarana, Prasarana dan Peralatan Kesehatan

MOTO

Mengutamakan mutu, keamanan serta keselamatan pasien dan petugas

KOMPETENSI

Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi bersertifikat ISO 17025 : 2005 Tahun 2010 dari KAN

PENGHARGAAN

Piagam Penghargaan Unit Pelayanan Prima Tahun 2008 dari Presiden RI

joomla template
template joomla